Balada social media

Sunday, December 12, 2010

Sekarang ini hampir semua orang tau apa itu social media, dan hampir semua orang punya account social media. Entah itu friendster (yang ini jadul banget), facebook, twitter, foursquare, dan teman-temannya.
Sayangnya, ga semua orang tau, baik-buruknya social media. Kebanyakan orang, punya ya punya aja, ga ngerti efek-efek yang bisa ditimbulkan kalo kita salah dalam memanfaatkan social media tersebut.
Jujur, gw ga respect banget sama orang-orang yang mungkin...kurang kerjaan, jadi sepanjang hari kerjaannya cuma ngeshare hal-hal yang sangat ga penting, dan kadang sebenernya GA PANTES buat di share di social media yang bisa dibaca sama orang di seluruh dunia.

Contoh pertama hal yang harusnya ga perlu kita share di social media :
tweet : 
aduuuhhh mama pergi ga ninggalin makanan, laper nih.. 10 minutes ago  
aaaaah kayaknya mendingan tidur aja deh.. 8 minutes ago
mau tidur tapi kok ga ngantuk yah???! 6 minutes ago
tidur deh! 4 minutes ago
ga jadi tidur :p 1 minutes ago  

DIE!!! labil banget kan? apakah orang yang hoby ngeshare apapun yang dia lakukan dalam jangka waktu yang tidak wajar, itu ga punya temen buat diajak ngobrol? segitu galaunya kah dia sampe cuma bisa ngomong sama twitter atau facebook?


Contoh kedua hal yang harusnya sangat ga perlu di share adalah marah-marah di social media. itu bener-bener ga etis menurut gw : 
tweet :
"OKE CUKUP TAU AJA GW,,DASAR CEWE GATEL!!!!!" (ga santai abis kan nih?!)
"MUKA MALAIKAT HATI IBLIS"
"SINI LO KALO BERANI NGOMONG LANGSUNG!!! JANGAN NUSUK DARI BELAKANG!!!!" (padahal sendirinya implisit, kenapa ga ngomong di depan orangnya aja???)


aahh...tweet tweet atau status apapun yang isinya marah-marah ga jelas atau menjudge seseorang, bener-bener sampah kalo menurut gw.
Kita ga bisa seenaknya dan sembarangan menjudge seseorang di social media. Walaupun hanya secara implisit, itu bisa mengundang masalah, dan bisa-bisa kita dituntut. Karena fyi, social media itu bukan cuma lo atau temen deket lo aja yang bisa baca. Begitu lo share sesuatu di dunia maya, maka itu akan jadi konsumsi seluruh dunia. Jadi kita bener-bener ga boleh sembarangan.
Lagian, daripada marah-marah ga jelas atau mencaci maki orang lain via social media, kan lebih baik kita omongin langsung dengan orang yang bersangkutan.
Dengan begitu masalah pasti lebih cepat selesai dan ga perlu diketahui orang-orang yang HARUSNYA ga perlu dan gamau tahu tentang masalah kita itu. iya ga guys???
So, gw saranin, mulai sekarang janganlah sembarangan ngeshare apapun yang ada di otak kita tanpa pikir panjang. Karena mungkin bisa berakibat ga bagus nantinya. Ingat, twitter / facebook mu adalah harimau mu! 
Waspadalah..waspadalah!!!!!! :D

4 comments:

Azizah said...

sebagai salah satu saran lain juga, jangan suka ngeretweet obrolan, buat orang kurang kerjaan kaya gue obrolon yang diretweet gue baca. jadi sama aja kaya mamerin wall-to-wall hahaha. mending reply aja. CMIIW :D

IR said...

hahahaha kalo obrolannya ga penting sih gapapa buat gw jat :p

Anonymous said...

maksud gue tuh menuh menuhin timeline gueee hahahahaha

IR said...

kan biar rame jaaaat :D

Post a Comment