Reality show = bulshit

Wednesday, August 25, 2010

Beberapa tahun terakhir ini, banyak banget reality show bermunculan di Indonesia. Layar televisi kita dipenuhi sama banyak banget tayangan yang sangat tidak bermutu. Dimulai dari termehek-mehek. Denger judul acaranya aja gw udah ilfeel. Entah kenapa, pada awal kemunculan acara ini, ratingnya bagus banget. Banyak orang yang suka nonton acara ini. Tidak terkecuali orang2 disekitar gw dan temen2 sekolah gw. Sampe2 di sekolah yang dibahas termehek-mehek melulu. 
A : "eh lo liat termehek-mehek episode semalem ga?"
B : "iya liat gw, ada yang pingsan kan yah???!!"
A : "he eh, seru banget deh..bla bla bla"
Gw males banget deh kalo temen2 gw udah ngerumpi tentang termehek-mehek. Biasanya kalo udah gitu gw bakal mundur teratur, menjauh dari mereka. Dari awal sih gw udah curiga, kalo semua reality show itu pasti rekayasa. Ga beneran kayak yang dibayangin orang banyak. Gw emang termasuk orang yang skeptis pada media, dan emang begitu seharusnya kita menyikapi media. Setelah termehek-mehek, muncul lagi banyak acara yang serupa, seperti : realigi, bukan sinetron, kejamnya dunia, dan banyak lagi.
Walaupun gw ga percaya, tapi masih banyak orang yang percaya kalo itu beneran. Sampe akhirnya gw punya kesempatan buat nanya langsung sama orang trans tv yang kebetulan dosen gw. Kata dosen gw, "yah, itu emang pake skenario, kita adaptasi ceritanya dan kita reka ulang." Si dosen gw itu ngejawab dengan ekspresi muka yang ga enak. Mungkin dia sadar kalo tayangan itu ga bermutu dan ga penting. Intinya kalo reality show itu pake skenario, berarti ga ada bedanya sama sinetron yang absurd kan? cuma pemerannya bukan artis.

Kita emang harus skeptis terhadap semua yang disajikan media. Karena udah terkena campur tangan bermacam-macam pekerja media. Jadi kita harus menjadi orang yang melek media. Jangan mudah percaya apalagi terpengaruh sama apa yang kita lihat di media.

0 comments:

Post a Comment