Blackberry bikin autis?

Tuesday, January 18, 2011

Sekarang ini, siapa sih yang ga tahu blackberry?? yaah walaupun bukan user, tapi pasti tahu lah, seengganya pernah denger kata "blackberry" ini. Ini handphone yang memungkinkan kita buat mengakses internet, email dan semua social network dengan mudah sepanjang hari, tapi harus berlangganan. Oh iya, ada juga blackberry messenger nya yang akrab disebut BBM. Yah gw rasa udah cukup ya kata pengantarnya. Soalnya bukan fitur-fitur blackberry yang mau gw bahas di sini, tapi efek blackberry terhadap kehidupan sosial si user (tsaaah bahasa gw sok serius).
Dulu, sebelum menjadi user, gw paling males deh sama situasi dimana gw ada di antara temen-temen gw yang semuanya memakai blackberry (bebe). Bukannya jealous gw. Gw sebel aja, soalnya mereka semua pasti sibuk sendiri sama bebe masing-masing. Jadi autis, mata sama tangan mereka terpaku sama sebuah layar dan keypad. Dan gw?? udah pasti, udah jelas, dianggurin dan dikacangin. Kan gw jadi bingung, mau ngapain?? Akhirnya gw selalu sedia buku bacaan atau majalah di tas, jadi kalo lagi dikacangin gitu, ya gw baca buku aja. Gw sok sibuk aja sama buku gw (geek abis).
Ada satu lagi nih yang bikin gw sebel. Biasanya dalam suatu kelas (perkuliahan, sekolah) atau komunitas (kepanitiaan sebuah acara, ekskul sekolah) akan dibuat grup BBM. dan biasanya informasi-informasi penting mengenai semua hal yang berkaitan dengan komunitas/kelas tersebut, disampaikan melalui grup BBM itu. Nah, trus apa kabar sama anggota komunitas/kelas yang bukan user??? Mereka akan ketinggalan informasi penting tersebut, dan ini sangat tidak fair.
Blackberry juga bisa membuat dua orang yang berada dalam satu rumah, tidak saling berbicara. Contohnya nih, kakak cowo gw, masa' dia BBM in gw, padahal dia ada di ruang tamu dan gw di kamar -___-". Temen gw juga gitu sama mama nya, BBM an padahal sama-sama ada di rumah. Kenapa ga ngomong langsung aja coba?? haha yah itulah pengaruh teknologi, dalam hal ini blackberry.

Sekarang pas gw udah jadi user, gw berusaha untuk tidak menjadi autis karena blackberry. Gw ga mau seharian cuma terpaku sama bebe gw. Tapi kalo menurut gw sih, bukan blackberry nya yang 100% salah. Itu semua tergantung pribadi masing-masing pemakainya. Contohnya kakak cewe gw nih, dia itu mau pake bebe atau bukan, tetep aja autis sama yang namanya handphone. Yang namanya handphone, ga pernah lepas dari tangannya. Dulu waktu masih pake nokia, ataupun sekarang yang udah pake bebe, sama aja autisnya. Jadi bener-bener tergantung kepribadian masing-masing deh. Para user bisa memilih, apakah kita mau menjadi autis karena bebe atau memanfaatkan bebe kita dengan baik dan benar tanpa mengurangi interaksi sosial kita. Gw memilih yang kedua. Gimana dengan kalian?

3 comments:

posaedons said...

GW SETUJU IR !!!
andai banyak orang yang pola pikirnya sama..

tmn2 gw sama kya yang u ceritain kejadiannya.. lebih kocak lagi. ada tmn gw beli bebe karena gebetannya pake bebe..
nasib gw pun sama kya u sblm jadi user.. hahaha

n mpe ada yang posting di salah satu grup FB

"today ,, a lady with BB hit me at the mall and then she look at me and she said whats up are u blind ,, i told her well am not the one with the BB so go figure who is the blind ,,"

IR said...

hahaha iya man! wah senasib ya kita! emang bete dikacangin gitu -____-"

Dinar Faiza said...

setujuuuuuuuuuuuuu banget ma Postingan ini...
Teknologi malah membuat interaksi sosial kita jadi turun drastis... lama-lama mulut kita berevolusi kalau jrang dipakai nih gara2 pke BB

Post a Comment